Tinggalkan komentar

Detil Acara Lounching Buku: Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf

Sebelumnya saya minta maaf kepada Zaky karena mengambil apa yang telah diposting dalam Anginnya Embun. Saya hanya turut mempublikasikan  saja tanpa mengurangi atupun menambahi, inilah selengkapnya:

Launching dan Bedah Buku “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Fiksi Limabelas Penulis Forum Lingkar Pena Jawa Tengah

Q: (begitu pintu masuk dibuka) Kepada hadirin yang terhormat kami ucapkan selamat datang di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah dalam acara launching dan beda buku “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf” Fiksi Lima belas Penulis Forum Lingkar Pena Jawa Tengah.

Z: Kami mohon hadirin sekalian untuk segera menempatkan diri karena acara akan segera dimulai.

—Jeda sesaat—

Z+Q: Bismillahiromanirrohim, Assalamu’alaikum Wr Wb

Z: Selamat pagi semuanya, kami ucapkan selamat datang di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah

Q: Syukur alhamdullillah, pada pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul dalam acara yang begitu spektakuler, yaitu…

Z+Q: Launching dan bedah buku “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf” Fiksi Lima belas Penulis Forum Lingkar Pena Jawa Tengah dan Dialog Kepenulisan “Never Ending Writing”, Surakarta, Minggu, 9 Maret 2008

Z: Sebuah even yang terselenggara berkat kerjasama Forum Lingkar Pena Jawa Tengah dengan Taman Budaya Jawa Tengah

Q: Indiva Media Kreasi

Z: Majalah Annida

Q: Yayasan Miftahul Jannah

Z: 100, 9 MQ FM Radio

Q: Lingkar Pena Publishing House

Z: Komunitas KETIK

Q: Baiklah, sembari menunggu para pengisi acara, alangkah baiknya apabila kita terlebih dahulu menyaksikan persembahan rekan-rekan kita dari Komunitas KETIK.

Z: Persembahan pertama adalah pembacaan puisi oleh saudara Muhammad Arrobi. Siswa kelas XII MAPK yang pernah menjadi Juara II dalam Lomba Baca Puisi Assalam Fair 2007.

Q: Kepadanya kami persilakan.

Z: Terima kasih kepada saudara Muhammad Arrobi yang telah membacakan puisinya. Sungguh, tadi adalah sebuah pembacaan puisi yang begitu menggemuruh. Beri tepuk tangan yang meriah buat Muhammad Arrobi.

Q: Selanjutnya adalah pembacaan surat kepada Bapak Presiden oleh saudara Anshorullah Nuryatman. Yang mana surat ini pernah menjadi Juara I dalam lomba penulisan surat kepada wakil rakyat tingkat Jateng-DIY yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga.

Z: Kepadanya kami persilakan.

Q: Terima kasih kepada saudara Anshorullah Nuryatman yang telah membacakan surat kepada Bapak Presiden. Beri tepuk tangan yang meriah buat Anshorullah Nuryatman.

Z: Sebelumnya atas nama panitia kami ingin mengucapkan selamat datang kepada Kepala Divisi Sastra Taman Budaya Jawa Tengah.

Q: Juga tak ketinggalan Ketua Forum Lingkar Pena Jawa Tengah terpilih

Z: Dan tentunya kepada Ketua Panitia Launching dan bedah buku “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Q: Pagi ini kita juga merasa sangat terhormat karena kedatangan teman-teman dari berbagai komunitas penulis di Solo dan sekitarnya, di antaranya ada komunitas…

Z: Selain itu juga ada komunitas…..

Q: E…tapi sepertinya dari tadi kita belum berkenalan?

Z: Berkenalan? Baiklah, nama saya Zakky, saya juga dari Komunitas KETIK, sama seperti kedua rekan saya yang baru saja tampil. Sekarang ini saya masih duduk di kelas XII MAPK Solo, lalu yang di samping saya, silakan memperkenalkan diri.

Q: Nama saya Qisthi, kelas XII di SMA Al Islam 1 Surakarta, saya juga dari Komunitas KETIK.

Z: Oh ya Qisthi, mungkin sebagian dari kita masih penasaran dengan Komunitas KETIK, karena dari tadi kita menyebut-nyebut nama komunitas ini tapi belum menceritakan siapa sebenarnya komunitas ini

Q: Mungkin Zakky bisa menceritakan sedikit tentang komunitas ini?

Z: OK, Komunitas KETIK adalah salah satu komunitas jurnalis pelajar di Kota Solo. Berdiri tanggal 17 Juni 2007, komunitas ini berangotakan 14 pelajar dari 6 SMU di Kota Solo, yaitu MAPK, SMA Al Islam 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 7 dan SMA Batik 1. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di buletin perdana Komunitas KETIK yang sudah dibagikan secara cuma-cuma.

Q: Dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Komunitas KETIK bisa turut berpartisipasi dalam even yang sangat luar biasa ini.

Z: Dan tentunya kita perlu memperkenalkan yang punya gawe pada pagi hari ini, yaitu Forum Lingkar Pena, Qisthi mungkin bisa menceritakan apa itu
Forum Lingkar Pena?

Q: (Baca halaman 1)

Z: Dan Forum Lingkar Pena itu ada… (baca halaman 2)

Q: OK Zakky, pada pagi hari ini agenda kita apa saja?

Z: Pada pagi hari ini kita tidak hanya disuguhi penampilan rekan-rekan kita dari Komunitas KETIK. Akan tetapi kita nanti juga akan menyaksikan pembacaan cerpen oleh 15 cerpenis yang karyanya tergabung dalam antologi “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Q: Selanjutnya ada juga bedah karya oleh Joni Ariadinata dari Majalah Sastra Horison dan dialog kepenulisan “Never Ending Writing” bersama Rahmadiyanti dari Majalah Annida.

Z: Juga jangan lupa, bagi para peserta yang mungkin belum beruntung mendapatkan buku gratis dari panitia, panitia juga menyelenggarakan bazaar buku murah, oleh karena itu kami persilakan mengunjungi bazar guna mendapatkan buku dengan harga-harga promosi.

Q: Jadi tak perlu bersedih hati jika belum mendapatkan buku kumpulan cerpen “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf” karena setelah ini kita akan menyaksikan pembacaan cerpen oleh para cerpenis yang karyanya terkumpul dalam antologi “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Z: Tapi tidak dibacakan utuh satu cerpen kan?

Q: Tentu tidak, karena kita bisa sampai lima hari di sini, kalau mereka harus membacakan utuh cerpen mereka

Z: Betul, jadi mereka hanya akan membacakan satu paragraf cerpen mereka, tapi satu paragraf tersebut sudah bisa mewakili betapa hebat dan dahsyat cerpen mereka

Q: Baiklah, tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita persilakan kepada Kang Nassirun Purwokartun untuk memimpin barisan para cerpenis.

Z: OK Audience, acara sepenuhnya kami serahkan kepada Kang Nassirun Purwokartun.

Q: Berikan tepuk tangan yang meriah buat ke-15 cerpenis.

— setelah pembacaan cerpen usai —

Z: Luar biasa sekali, lima belas cerpenis telah membacakan cerpennya di depan kita semua!!

Q: Sekali lagi berikan applaus yang meriah buat mereka!

Z: Qisthi, semua cerpenis yang baru saja membacakan cerpennya tadi adalah anggota Forum Lingkar Pena.

Q: (baca halaman 3)

Z: (baca halaman 4)

Q: Berikan tepuk tangan yang meriah buat Forum Lingkar Pena!

Z: Qisthi, tadi kita sudah menyaksikan penampilan teman-teman dari Komunitas KETIK, juga pembacaan cerpen 15 cerpenis, tapi rasanya kurang sopan bila kita belum mempersilakan para tokoh yang sudah kita sebutkan diawal tadi untuk memberikan sambutannya

Q: Betul, langsung saja, untuk acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

Z: Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Panitia Launching dan bedah buku “KataOrang Aku Mirip Nabi Yusuf” Kepada Ibu Rianna Wati Sarjana Sastra kami persilakan

Q: Terima kasih Ibu Rianna Wati atas sambutannya, sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh Ketua Forum Lingkar Pena Jawa Tengah terpilih kepada Ibu Afifah Afra, kami persilakan.

Z: Terima kasih Ibu Afifah Afra atas sambutannya, kami juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Ibu Afifah Afra sebagai Ketua FLP Jawa Tengah masa bakti 2008-2010 (membaca halaman 14)

Q: Dan sambutan yang terakhir akan disampaikan oleh Kepala Divisi Sastra Taman Budaya Jawa Tengah, kepada Bapak Wijang Warek kami persilakan.

Z: Terima kasih kami aturkan kepada Bapak Wijang Warek, semoga sambutan-sambutan dari para tokoh tadi bermanfaat bagi Forum Lingkar Pena khususnya dan bagi kita semua pada umumnya. Amin.

Q: (membaca halaman 5) –kiprah–

Z: (membaca halaman 6) –cabang–

Q: (membaca halaman 7) –kegiatan–

Z: (membaca halaman 8) –keunikan—

Q: (membaca halaman 9) –antologi kasih–

Z: (membaca halaman 10) –antologi kasih–

Q: kita sudah berpanjang lebar. Zakky, kita tadi sudah menyaksikan ke-15 cerpenis membacakan cerpennya, sebagian dari kita juga sudah membaca cerpen mereka secara utuh. Tapi rasanya kurang afdol kalau karya mereka belum dibedah oleh ahlinya

Z: Iya, dan kebetulan sekali pada kesempatan kali ini kita telah kedatangan dokter-dokter sastra dari Jakarta, yang piawai dalam urusan bedah-membedah

Q: Betul sekali, telah hadir Bapak Joni Ariadinata dari Majalah Sastra Horison, juga ada Ibu Rahmadiyanti, Redaktur Pelaksana majalah Annida.

Z: Dan tampaknya kita tidak perlu membuang-buang waktu, langsung saja kita persilakan Mbak Izzatul Jannah untuk me-moderatori acara ini.

Q: Berikan applaus yang meriah buat dokter-dokter sastra kita

­­­—seusai bedah karya—

Z: Ya, telah kita saksikan bersama betapa piawai dokter-dokter sastra kita menguliti cerpen-cerpen dalam antologi “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Q: Benar sekali. Zakky, satu hal yang saya catat dari Bapak Joni Ariadinata bahwa….

Z: Saya pun juga tidak bisa melupakan pesan Ibu Rahmadiyanti tadi bahwa…..

Q: (membaca halaman 11) –pendapat orang–

Z: (membaca halaman 12) –pendapat orang–

Q: (membaca halaman 13) –pendapat orang– Jadi yang dapat kita simpulkan, kita harus selalu menjadi bagian “Forum Lingkar Pena” meski tidak terdaftar secara resmi dan jangan pernah sekali-sekali bergabung dengan “Forum Lempar Pena”

Z: Hahaha, ternyata ada juga Forum Lempar Pena ya? Tapi pastinya acara pada hari ini tidak akan semarak tanpa kehadiran satu unsur penting dari acara ini.

Q: Apa unsur penting itu Zak?

Z: Unsur penting itu adalah…..audience semuanya!

Q: Berikan tepuk tangan buat para audience….

Z: Baik audience, acara demi acara telah kita lalui bersama. Sebelumnya kami ingin mengucapakan selamat atas terbitnya Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah “Kata Orang Aku Mirip Nabi Yusuf”

Q: Juga atas terbitnya bulletin perdana Komunitas KETIK, meskipun denan tampilan yang masih sangat sederhana.

Z: Dan apabila para audience menghendaki booksigning, panitia menyediakan waktu di akhir acara untuk meminta tanda tangan para penulis bertempat di….

Q: Kami juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara ini, diantarnya Taman Budya Jawa Tengah, Indiva Media Kreasi, Majalah Annida

Z: Juga Yayasan Miftahul Jannah 100, 9 MQ FM Radio, Lingkar Pena Publishing House dan tentunya Komunitas KETIK

Q: Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila banyak ditemuai kesalaan selama jalannya acara.

Z: Sampai jumpai, sampai bertemu lagi di acara-acara FLP di lain kesempatan. Akhirul kalam…..

Z+Q: Wassalamu’alaikum Wr Wb

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: