27 Komentar

Untukmu Ahli Sejarah

kutengok kembali catatan sejarah
dalam buku milik anak sekolah
bangsa-bangsa prasejarah
telah musnah tetap menyejarah

kulihat kembali catatan sejarah
Harun Yahya tentang bangsa-bangsa musnah
mewariskan legenda ketidakpatuhan
keserakahan dan penyimpangan amanah
mendominasi catatan sejarah

lagi dan lagi kutengok sejarah
catatan sejarah kadang bukan sejarah
bukti baru dibuktikan
sembunyikan bukti lama
demi kepentingan pembuat sejarah

jadi apa itu sejarah?

Iklan

27 comments on “Untukmu Ahli Sejarah

  1. AKU Bingung tentang sejarah..

    baimana caranya supaya tau kalau sejarah itu emang benar2 ..?
    —++–
    carilah pembandingnya

  2. sejarah tuh = kumpulan perbuatan suatu bangsa yg diabadikan dengan sebuah cerita,hikayat,legenda,dongeng.
    tul gg pak ? gw hanya nebak aja…:-)
    —+++—
    ya sesuai persepsi masing-masing saja

  3. soekarno pernah bilang tentang “jas merah” = jangan sekali-kali melupakan sejarah.
    —-+++—-
    bukan dilupakan mas, ya sedikit dipelintir lah

  4. sejarah seperti untaian benang kusut yang dibuat semakin kusut…
    —-+++—-
    begitulah keadaannya

  5. sejarah pak ?
    —+++—
    ya sejarah Bu Yuni

  6. Dalem bgt Bosss πŸ˜€
    Pertamaxxx
    —+++—-
    terima kasih

  7. terima kasih pak sahlan, telah berbagi kisah di blog ahsin muslim.
    semoga Allah menguatkan hati kita agar tetap dalam lingkaran-Nya. Amin
    —–+++—–
    Sama-sama

  8. aku ingin menjadi bagian dari sejarah yang selalu dikenang karena kebenaran yang nyata, bukan rekayasa.
    —+++—-
    tentunya harapan kita demikian. setulusnya

  9. Terkadang sejarah bisa dimanipulasi demi kepentingan politik.
    ———–+++++——–
    itulah masalahnya Pak.

  10. kita mmg gak boleh melupakan sejarah
    —-+++—–
    harusnya begitu, tapi kenyataannya ada yang sengaja diharuskan lupa

  11. sejarah jugalah yang akan menjarah sejarah itu sendiri
    —–++++—–
    ha haha mantap. lebih tajam dari puisiku

  12. tak usah resahkan bohongnya pembuat sejarah.. karena tetap saja tak kan mampu menipumu..
    —–++++—–
    keresahan tak terelakkan

  13. Sejarah..?
    Ehm.. Pelajaran di sekolah yang membuatku menyerah
    (karena males ngafalin hehe..)
    πŸ˜›
    —+++—-
    itulah kalau hanya dihafal, saya sendiri tidak pernah menghafalkan pelajaran. Yang penting dipahami dan dimengerti sukur-sukur diterapkan

  14. apa ya sejarah???

    suatu kepingan masa lalu,,,,,,,,
    —+++—-
    kepingan yang kadang banyak ditafsirkan ulang

  15. Aku yang kurang paham sejarah ga ikut campur ah..
    —+++—-
    tidak ada kewajiban untuk turut campur santai saja

  16. sejarah itu.. hmmm… sisa-sisa ingatan dan kenangan dari masa lalu?
    —-+++—-
    kenangan yang diserpihkan
    ditambal serpihan lain

  17. jasmerah kalo kata bung karno..
    —-+++—-
    kenyataannya tidak sedikit sejarah nyang disembunyikan. Bagaimana mengingatnya?

  18. …dan kita pun hanya belajar tentang sejarah, bukan belajar dari sejarah.
    Salam hangat.
    —-+++—-
    tentang sejarah pun masih menurut kehendak yang menuliskan sejarah

  19. Salam ..

    oooo sejarah to …menurut saya sejarah itu mememng bagae mana sutra dara memainkannya ,bila mana sang pemegang kuasa bijak pastilah tidak merubah apa yang sebenarnya terjadi ….

    karena sejarah peninggalan yang perlu di ingat – dan di ingat atas baik atau buruknya kejadian itu ..Makasih
    —-+++—-
    seperti sekarnglah Syekh Ahmad Yasin kata orang Israel pastilah dia itu teroris, tapi anak-anak Palestina menyebutnya Pahlawan

  20. 5f pak?
    kyakna sjarah tu sperti film ato sntron, bnyak yg mlihat.
    sehingga bsa mnimbulkan byk fersi, tergantung siapa yg mlihat.
    —-+++—-
    siapa yang menungkap maksudnya?

  21. sejarah adalah history..
    πŸ™‚
    —++—-
    begitu ya!

  22. tapi tengokku
    kini
    menyejarah

    lalu
    apalagi bisa kutengok?
    sejarah?
    —+++—-
    tengok kembali hingga jemu. terima kasih kunjungannya

  23. sejarah sangat ditentukan oleh penguasa…jadi bisa berubah ubah..
    —+++—-
    sepertinya begitulah fakta yang ada

  24. Sejarah… ? dengan sejarah orang bisa dikenang..jadi dengan berbagai cara orang berusaha untuk menjadi sejarah dong..
    jadi pengen tahu apa yang dikatakan sejarah tentang kejadian2 sekarang ini di 30 tahun kedepan.. semoga masih diberi waktu untuk bacanya.
    —+++—–
    Saya meragukan catatan sejarah jauh sebelum Indonesia merdeka. Saya lebih percaya catatan Buya Hamka daripada versi diknas

  25. kadang sejarah menjadi bukan sejarah, karena manipulasi dari orang-orang yang punya pamrih dan keinginan.. tapi pernahkah menengok sejarah kita sendiri?
    —+++—-
    Sejarah kita Mbak Upik? Sejak SD saya banyak meragukan pelajaran sejarah, apalagi tentang Teori Gujarat 100% tidak percaya

  26. ada sejarah yang membutakan sejarah lainnya
    karena jika sejarah itu terbuka maka mereka yang percaya selama ini akan hengkang seiring kebenaran sejarah tersebut…

    namun yang ada selama ini adalah sejarah tak sesuai dengan faktanya itu sendiri
    —+++—-
    itulah yang membuat saya kecewa, sedih dan kemudian menuangkan dalam bentuk puisi ini

  27. y klo mnurut puisina bpak, sejarah itu kyak kmplan tlisan ato kmpulan artikel yg d bkukan.
    —-+++—-
    karena beberapa catatan itu banyak yang berbeda bahkan saling menyalahkan. maka aku bertanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: