30 Komentar

Sangiran

terminal tirtonadi tidaklah terlalu jauh
banyak bus melintas saling adu cepat
mengejar pendapatan

bengawan solo terangkat jadi daratan
maklum sudah biasa tanah naik turun
bekas kehidupan pra sejarah
kata pakar sejarah
phitecantropus, gajah tua, tanduk banteng,
dijajar rapi dalam almari kaca tembus pandang
adalah fosil pra sejarah
kata anak-anak sekolah

bengawan solo terangkat
pohon tua di tepian tempat
gethek joko tingkir ditambatkan

Purwokerto, 2000

Iklan

30 comments on “Sangiran

  1. dulu, waktu SMP, aku srg ngapalin tempat2 penemuan benda2 purbakala sekaligus penemu dan hasil temuannya soalnya guru sejarahnya suka tiba2 kasih kuis dadakan ๐Ÿ˜†
    —-+++—-
    baguslah itu

  2. Sangiran dulure trinil…
    cumo beda panggonan
    sangiran ning sragen
    trinil nang ngawi….
    yen trinil niki wonten bali…
    Salam knal
    —–+++_—
    salam kembali

  3. jadi inget zaman smp dulu,,, seneng banget sama pelajaran sejarah karena fossil manusia purbanya… hehehe..
    dan bercita2 suatu saat nanti akan berkunjung ke Sangiran or Pacitan… ๐Ÿ˜€
    ——-+++++——-
    Museumnya ada di Sangiran

  4. pertama ta kira lagune didi kempot, jebule crita sangiran tampat mbah pithecanthropus.. sama kek M lom pernah kesono kang..
    —–+++—–
    stidaknya pernah belajar tentang sungai purba di kuliahnya Pak Gentur, saya masih ingat salah satu soal ujiannya Mengapa Bengawan Solo sekarang masih ada?

  5. M lom pernah kesono pak..
    —-++—-
    Datang saja, dan mampir ke rumah sekitar 45 menit

  6. mas, persisnya dimana ya gethek ya ki joko tingkir itu ditambatkan…..hulu , atau daerah muara ……he he he
    —-+++—-
    jelas bukan muara, karena muara bengawan Solo ada di Surabaya

  7. wah saya belum pernah ngeliat keindahan bengawan solo, tapi sekarang memangnya sudah “rusak” yah? ๐Ÿ˜ฆ sayang banget….
    —–+++—-
    untuk museumnya sudah jauh lebih bagus, sarana trapsortasi juga lumayan bagus

  8. Sangiran…lokasi penemuan fosil tua…
    Sejarah dimulai ketika kita memulai sejarah itu… ๐Ÿ˜€
    ——–+++——
    sepertinya begitu

  9. Bengawan solo ni Pak…, sejarah harus kita lestarikan ya.
    —+++—-
    tul

  10. setelah membaca, aQ jd menyadari bahwa setiap langkah dan tatapan mata ni adalah kisahโ€ฆ
    ——+++—–
    kisah yang bisa dibaca ulang

  11. salam kenal aj….
    —–+++—-
    salam kenal kembali

  12. *Nyanyi ahh..* Semarang kaline banjir. Jo sumelang ora dipikir ..
    Lupa gimana lanjutannya heheheh..
    ๐Ÿ˜€
    —–+++—-
    tidak harus dilanjutkan kok

  13. Jadi inget pelajaran IPS Sejarah..
    —++—
    semoga tidak membosankan waktu itu

  14. Aku punya batu fosil keong merah yang aku iris dan asah, aku ambil dari Sangiran… Cakep deh!

    Di situ aku juga sering beli mebel jati lama.
    —-++—-
    mantap mbak

  15. membacanya, aQ jd menyadari bahwa setiap langkah dan tatapan mata ni adalah kisah…
    sejarah, sekarang dan yang akan datang..
    *sok banget*

    -sarahtidaksendiri-
    —+++—
    jejak-jejak yang kita tinggalkana dalah sejarah, setidaknya bagi diri kita sendiri

  16. jaka tingkir berlari mengejar bus jurusan sragen… mampir ke sangiran ingin melihat fosil 40 buaya yang dulu dikalahkan di kedung srengenge… ๐Ÿ˜‰
    —-++—
    wah ini jauh lebih imajinatif dibanding puisi saya

  17. emang joko tingkir berasal dr solo ya mas…?bukanne jaka tingkir itu dulu dari majapahit ? (*mikir) ๐Ÿ™‚
    —-+++—
    Joko Tingkir itu orang Pajang, hidupnya suka mengembara

  18. jd inget terminal tirtonadi…saat2 kuliah di solo adalah saat2 yang melelahkan….tapi kini setelah semuanya berlalu..terlihat lebih indah… ๐Ÿ™‚
    —–++++——–
    indah karena tinggal kenangan

  19. prof. sahlani dosen terbang untuk mata kuliah evolusi… mas sunar ngambil evolusi, dosen siapa..???
    —++—
    Dosennya Pak Gentur dan Pak edi Yuwono

  20. ingat sangiran ingat prof. sahlani… kenal mas..???
    ——-++++……
    sahlan itu bapak saya, tapi bukan prof.
    Waktu kuliah prof Sahlani sudah gak ngajar lagi

  21. sigromilirrr sang gethek dikepung boyo

    bengawan solo riwayatmu kini
    ——-+++++++——–
    masih ingat Mas kisah gethek Joko Tingkir?

  22. hemmm…. ini pusis sindirann, kecemasan karena bng solo udah gak seperti dulu lagi yahhh…. yang satu dari sisi pelestarian yang satu dari sisi ilmiahhh pilih mana hayoo
    —+++—-
    kenapa harus memilih? pelestarian sekaligus ilmiah kenapa tidak?

  23. Jika dan hanya jika, jika saja; solo ada serupa dulu, di bengawan yang jadi kenangan, bahkan mencermin wajah sangiran…
    Duuh saya nulis apa ya,bingung sendiri..:-)
    Nice poem yg sarat makna mas..
    —-++—-
    Sangiran penuh kenangan, jaman pra sejarah hingga saat ini

  24. sangiran, salah satu referensi masa lalu
    ——-+++——
    betul

  25. Puisi yang bagus. Cuma saya nggak bisa buat memahami yang seperti ini… :mrgreen:
    Ga punya bakat seni :mrgreen:
    —–++++—–
    tidak apa-apa, santailah

  26. Puisinya bagus mas.. salam kenal ya
    Solo…riwayatmu kini. ๐Ÿ˜€
    –+++—-
    salam

  27. bencana tiap tahun
    —++—
    baru akhir-akhir ini saja bung!

  28. Wah, iya bener, baru2 ini kan Bengawan Solo gak lagi seperti dalam lagu Gesang, udah jadi bencana.
    Sang penyair waskita rupanya, mampu melihat jauh ke depan sehingga sudah sejak dini mengingatkan kita untuk waspada dan peduli pada alam.
    —-+++—
    banjir sudah melanda Bengawan sesuatu yang belum pernah terjadi semasa saya masih kanak-kanak

  29. ya ketika bencana terjadi yang tersisa cuman penyesalan dan alam pun tak kembali seperti semula
    ——-+++—-
    ya, ya, begitulah adanya

  30. Petromaks dulu ah. Wah, dibikinnya di Purwokerto tuh, jadi pengin mudik.
    —-++++—–
    puisi kenangan Pak, saat-saat jadi tukang ketik di Purwokerto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: