70 Komentar

KATA ORANG AKU MIRIP NABI YUSUF

Merupakan antologi cerpen Fiksi Limabelas penulis Forum Lingkar Pena Jawa Tengah.  Antologi yang diterbitkan atas kerja sama FLP Jawa Tengah dengan Taman Budaya Jawa Tengah ini berisikan sesuai dengan yang tertulis di sampul adalah FLP (Fiksi Limabelas Penulis), yang secara biologis kelimabelas penulis lahir di Jawa Tengah. Realitasnya dua orang tidak berdomisili di Jawa Tengah yaitu Jakarta dan Kuningan (Jawa Barat).

Jika ada yang beranggapan bahwa karya-karya para penulis FLP hanyalah berbicara tentang dakwah secara verbal, maka silahkan gigit jari ketika membaca kumpulan yang memuat 176 halaman ini. Demikianlah setidaknya yang diungkapkan oleh pembubuh kata pengantar sekaligus pembedah saat peluncurannya di Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta, dialah Joni Ariadinata (mohon maaf fotonya ada di halaman lain blog ini). Justru nilai jawa yang lebih kental kecuali satu orang (Sakti Wibowo terpilih cerpennya yang kental nuansa Makasar). Sehingga redaktur majalah Horison ini menamainya dengan berkebun ditaman bunga, karena beraneka ragam topik yang diangkat.

Penulis fiksi memang memiliki cara tersendiri dalam mengabadikan peristiwa bersejarah, ada yang memparodikan, ada pula yang memanfaatkan momentum. Izzatul Jannah membandingkan masa-masa sakaratul maut dua orang yang sangat berbeda, yang satu mantan petinggi negeri dan satunya lagi Parmin tokoh yang tak ada yang mengenal ketokohannya, hanyalah seseorang yang dikenal sangat baik oleh istrinya. Keduanya berada diujung sakaratul maut pada waktu yang bersamaan, sang tokoh banyak yang mendoakan dengan doa yang beraneka mulai kerabat yang memohon kemudahan hingga orang-orang yang telibat dendam dengan doanya yang minta tebusan, sangat kontras dengan Parmin yang hanya didoakan oleh satu orang istrinya sendiri dengan doa yang tunggal demi kebaikan tak ada yang lain.

Dedengkot FLP yang lain sekaligus direktur utama Indiva yang mencetak buku ini juga ketua tim penyunting menyuguhkan fiksi dengan corak yang lebih filosofis, dalam Perjamuan Malaikat. Mencoba memotret seperti apa yang dilakukan oleh jamaah haji. Kebaikan berbalas dengan kebaikan dikemas sangat menegangkan. Mungkin beliau terisnpirasi suatu waktu ada berita bahwa jatah makanan untuk jamaah haji Indonesia tidak tersalurkan dengan baik, akibatnya ada beberapa orang yang terpaksa menahan lapar ada pula yang melampiaskan kekesalannya. Inilah versi seorang cerpenis.

Dalam Matahari Tergadai setiap bencana yang melanda negeri ini selalu sekecil apapun ada mitos yang beredar. Apalagi berbarengan dengan hiruk pikuk perseteruan pemerintah dengan parlemen (setting 2001), mitos ratu adil selalu akrab di telinga orang-orang jawa. Apalagi bencana ini dipusatnya pemerintahan Jawa.  Masih ada lagi Kyai Sanca Wangsit yang memparodikan kehidupan seorang Kyai. Penulis termuda yang masih anak SMA ini mengotak-atik angka 7. Ukuran bangunan dan waktu penyelesaian harus menggunakan angka 7. Dan bangunan mushola itu tak selesai dalam hitungan angka 7 yang telah ditetapkan dan selentingannya sang Kyai harus mempertanggungjawabkan angka 7 x 7 juta dari money politik.

Parodi tentang HUT Kemerdekaan di kemas oleh dua orang sekaligus yang memotret dari sudut yang berbeda. Bendera Bawang melukiskan semangat luar biasa seorang anak petani bawang mengikuti paskibra tapi melupakan kewajibannya membantu bapaknya mengurus bawang merah, dan ternyata harga bawang merah berkebalikan dengan bendera yang harus dikibarkannya. Penulis lain membidik ulah calo yang ternyata tidak hanya berkeliaran di pasara atu terminal, tapi datang langsung ke rumah. Calo kali ini bukankah calo TKI atau agen perjalanan. Tapi calo yang memanfaatkan keluguan para veteran perang kemerdekaan. Sang calo kena batunya ketika berhadapan dengan veteran yang benar-benar tanpa pamrih. Keluguannya memang sangat menarik bagi calo untuk senantiasa membujuk agar bersedia melengkapi persyaratan untuk diajukan menjadi anggota Legiun Veteran. Dan ternyata dengan kediamannya sang kakek sudah mengetahui bahwa teman-temannya telah ditipu oleh sang calo. Jadi siapa yang sebenarnya lugu? Kisah ini diracik oleh Nasirun dengan judul Agustus Tahun Depan.

Kata Orang Aku Mirip nabi Yusuf adalah judul yang terpanjang yang ditulis oleh Aries Adenata. Aries mencoba menguak sisi kehidupan seseorang yang memiliki alur hidup mirip dengan Nabi Yusuf, ketampanannya, kegamuman orang hingga julukan yang diberikan orang bahwa ia pokoknya mirip nabi Yusuf, namun ada satu hal yang tak bisa bahkan bertolak belakang dengan nabi Yusuf yaitu ketika ia meminta jabatan agar seperti Nabi Yusuf menjadi bendaharawan kerajaan.

Parodi itu masih ada. Sepertinya saya memang sering bertemu dengan tulisan-tulisan parodi. Mentertawakan kehidupan yang tak pernah ada habisnya. Padahal kehidupan yang ditertawakan itu begitu pahit.

Mohon maaf saya tak banyak menyebut para penulisnya bahkan tak ada sepotong kalimatpun yang saya ambil dari masing-masing judul.

Comment navigation

Newer Comments →

70 comments on “KATA ORANG AKU MIRIP NABI YUSUF

  1. Hmm, berharap bisa dapat buku itu secara gtratis hehehe *ada kuis di blog Guskar.com tentang buku ini Pak:)
    ————–===========—————-
    begitu ya

  2. Aliaz mengundang pak Sunarno untuk turut serta dalam ‘Ekspresi Puisi Cinta Satu Bait’ yang diadakan oleh aliazblog.
    Terima kasih sebelumnya🙂
    —===—
    jadi bingung nih, tak yakin bisa memenuhi undangan

  3. buku baru ya?
    —===—-
    sudah lama kok

  4. gue apdet bang.
    monggo mampir
    —===—
    ya terima kasih atas informasinya

  5. mantab dah…
    pengen beli neh bkunya…
    di gramed ada ga ya..??
    —===—-
    semoga masih ada dan segera beli

  6. covernya lucu … suka😀
    —===—
    suka? ayo beli

  7. nama2 yg disebut tidak asing di telinga saya pak…. jadi kangen sama temen2 FLP nih….
    —===-
    jangan-jangan dulu sudah pernah lihat saya waktu peluncuran bukunya

    • kalo peluncurannya saya ndak lihat pak, cuma beberapa nama di atas sangat saya kenal pak…. terutama mas Aries.
      pak, kalo masih sering ketemu, saya titip salam sama mas Aries ya… dari “stafnya”…😉
      —–============——
      yayayaya

  8. Salam kenal pak, kunjungan pertamax nih…
    —===—
    salam kenal juga, dan segera kunjungan balik

  9. saya pengen deh nerbitin kumcer
    semoga saja bisa🙂
    —===—
    ayo, banyak kok penerbitan sekarang tinggal pilih, atau terbitkan sendiri, distribusikan sendiri juga ok

  10. Mau juga ngintip bukunya🙂 Salam hangat.
    —===—
    jangan hanya ngintip, nikmati saja semuanya

  11. seperti nabi Yusuf………
    —===—-
    ya, kata orang sih

  12. wah, buku baru terbit yah? dulu saya ngikutin banget FLP, sampai ngalahin teenlit, tapi sekarang kok udah gk kayak dulu yh… hmm..
    —===—-
    ngikuti lagi yuk, sama saya

  13. mirip yang mana yah? (sambil manggut2) he he he, cakep dan ganteng idola para wanita dan bersahaja bagi para sahabat🙂
    —==—-
    yang mana sajalah, pokoknya mirip

  14. ada karangannya Mbak Asma nadia juga ga?? saya Nge-Fans sama beliau🙂
    —===—-
    maaf, Asma Nadia bukan orang jawa tengah, buku ini antologi FLP Jawa Tengah

  15. Penginnya bisa baca sebanyak mungkin, tapi …
    Setidaknya sy sering membaca resensi.
    —===—-
    minimal resensi telah memberikan gambaran apa isinya, hanya sedikit membantu

  16. wah salut untuk FLP jateng. insyaallah flp aceh bulan maret juga akan membantu salah satu sahabat untuk melaunching novelnya… semangat terus FLP🙂
    —==—-
    ayo kita mantapkan langkah dalam barisan penulis FLP

  17. Kumpulan cerpen yang menarik pastinya, dari judul & cover bukunya saja sudah menarik apalagi kalo dibaca.
    —===—
    semoga memang benar-benar menarik

Comment navigation

Newer Comments →

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: