34 Komentar

Pilihan Kedua

Menyambung postingan sebelumnya tentang Sang Pemimpi. Tiap orang memiliki mimpinya masing-masing. Tiap orang punya cara tersendiri untuk merealisasikan atau mungkin malah melupakan. Jalan yang penuh liku akan memberikan konsekuensi yang berbeda untuk orang yang berbeda.

Tak usahlah kemana-mana. Biarlah saya sedikit bercerita tentang mimpi-mimpi saya. Sejak MI (saya tak pernah mengenyam pendidikan SD kecuali hanya tiga hari untuk EBTANAS) saya sudah terkagum-kagum pada Amir Hamzah dan Chairil Anwar. Buku bacaan saya waktu itu adalah buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia milik kakak yang di SMP dan SMA. Sesekali juga saya membaca buku IPA. Namun kegilaan saya pada buku cerita melebihi yang lainnya. Saudara sepupu yang guru SD berlangganan majalah Krida, maka pertama kali yang saya baca adalah kolom cerpen dan puisi.

Jadi, apa mimpi saya waktu itu?

Tahun 70-an di kampung yang mayoritas penduduknya sebagai petani, adakah yang berani mengatakan saya ingin jadi penulis, saya ingin jadi penyair. Bahkan saudara jauh yang dosen bahasa Indonesia pun sampai detik ini belum pernah saya dengar menulis cerpen, puisi, atau bahkan novel. Teman-teman, tetangga mengenalku sebagai anak yang keranjingan pada matematika.

Jadi mimpiku menurut mereka adalah saya ingin menjadi guru matematika. Tapi tak pernah terbersit untuk menjadi seorang guru. Namun banyak yang sangat berharap (telah kuposting mengapa aku menjadi guru).

Waktu SMP saya sangat akrab dengan pegawai perpustakaan, dengan dua alasan. Pertama saya paling banyak meminjam buku, semuanya buku cerita kecuali Matematika. Alasan kedua guru matematika memiliki nama yang sama dengan nama saya, namun yang alasan yang pas karena guru matematikaku adalah calon suami pegawai perpus itu.

Waktu SMA saya mengukuhkan diri sebagai siswa yang keranjingan matematika, Fisika dan Kimia, hingga menjajal kemampuan ke UGM dan UNS sebagai peserta lomba, meski tak mendapat peringkat sama sekali.  (posisi 50 dari 100 peserta).

Jadi dua mimpiku adalah ingin jadi penyair (penulis) dan ingin menjadi ilmuwan matematika (bukan guru), namun tidak punya gambaran apapun tentang pekerjaan apa yang pas dari kedua mimpi itu.

Setamat SMA inginnya meraih mimpi, kuliah di kota yang bisa membantu saya menjadi penyair juga ahli matematika. Keinginan itu kandas. Saya setengah gagal UMPTN. Ya setengah, karena setengahnya saya masih bisa kuliah bukan di kota, juga bukan matematika. Pilihan kedua, pilihan yang asal saja ternyata malah diterima. Resmilah saya sebagai mahasiswa biologi di kampus bekas ladang kangkung.

Mungkin angkatan yang sekarang tidak percaya kalau kampusku dulu adalah di kampung. Silahkan saja tak percaya karena memang kondisinya berbeda. Waktu pertama kali saya datang, jangan harap bisa jalan-jalan ke kota naik kendaraan umum lewat jam 5 sore. Kalau ada adalah becak atau jalan kaki. Benar-benar kampong bukan?

Jadi begitulah mengapa saya juga kadang diminta mengajar matematika di samping kewajiban saya mengajarkan biologi. Dan kini punya banyak sahabat yang narablog.

34 comments on “Pilihan Kedua

  1. Matematikaaaa?? Hebat om.. Nilai saia gak beranjak dari 7 waktu sekolah..
    ————==============—————-
    7 juga sudah lumayan

  2. Hebat pak..kombinasi yang mencengangkan saya – penyair dan ilmuwan matematika😀
    —————-=====================———–
    nyaris tak kesampaian semua, matematika secara akademik tak bisa diraih, untuk penyairnya entahlah apakah aku sudah bisa disebut penyair

  3. kuliahnya di mana tho pak???
    lha aku sebenere milih pendidikan bahasa Indonesia itu juga tanpa saya angankan lho pak… alhamdulillah malah sekarang jadi enjoy…🙂
    —————–==============————-
    silahkan Mas Andi lacak di sekilas diriku, cukup jelas tentang kuliah yang saya jalani

  4. Biologi hitungannya nggak jauh-jauh amat dengan matematika😀
    —————-================————–
    saya sukses di mata kuliah Matematika dan Genetika (saat ujiannya hitungan melulu)

  5. kalau jadi guru mtk jangan galak2 ya, banyak siswa tertekan dan benci MTK gara2 guru mtk mrk galak. Pdhl mtk kunci kemajuan teknologi
    ————=============————–
    guru galak sudah ketinggalan jaman

  6. Mohon maaf saat ini hanya meyampaikan undangan-pernikahan-sang-sahaja-dengan-pagi-bening bila memang memungkinkan , salam sehat selalu , semoga diberkahi, amien
    —————–=============————-
    sampaikan salamku untuk mempelai berdua

  7. wih impiannyanya bagus banget
    penyair sama ilmuwan

    ckck salut om!
    —————-============——–
    alhamdulillah

  8. ah..saya senang menjadi salah satu sahabat narablognya pak sunarno, pengabdian yang tak pernah tergantikan, semangat untuk memberikan yang terbaik untuk kampung halaman menjadi kebermaknaan tersendiri bagi anda
    ———————-============————
    terima kasih, saya juga senang telah bersahabat dengan anda

  9. seorang yang suka berpuisi biasanya memiliki skill yang lumayan bagus dalam satu bidang, kreatif dan imajinatif…….

    saya yakin itulah mas narno🙂
    —————===================————-
    biasa saja Bu Guru

    • salam, saya suka dengan ulasan dan gaya penulisan anda, edukatif dan sangat menambah kasanah dunia pendidikan, semoga saya bisa mencontoh anda dalam memberikan pemikiran dan saran bagi sesama, semoga sukses selalu.
      @ beasiswa 2010 Indonesia.
      —————================—————-
      maksudnya mencontoh Bu guru Jum kan!

  10. wah, bisa minta di ajarin matematika dong pak😆
    —————==============—————-
    ayo

  11. lia dulu punya banyak impian pak.. wekekek..
    walau banyak yang kesampaian tapi ada juga yang kesampaian..

    kadang sesetangah kita tidak mendapatkannya ya pak.. tapi lia pernah baca satu cerita impian itu tetap akan terwujud walau ditangan anak dan cucu … ^_^

    jadi ingat impianku yang kandas kuliah dikampus idaman😦
    ————————-===================————————
    begitukah? saya juga kandas untuk kuliah matematika

    • diulang lagi ada yg hilang :

      lia dulu punya banyak impian pak.. wekekek..
      walau banyak yg TIDAK kesampaian tp ada juga yg kesampaian heheeh..
      —————===============———-
      yang kesampaian kita syukuri yang tak kesampaian tak perlu disesali

  12. masih perlu belajar dari master blog ini nih

    postingannya sangat informatif bro,…Terimakasih

    Bandwidth Kecepatan Internet Unlimited

    Ready Stock
    ————–========
    mari belajar bersama-sama

  13. semoga tercapai…salam sukses selalu
    ———————–============————
    amin

  14. Nanti kalawo beneran jadi menghajar matimatian, boleh dong share sama aku.
    ————–============————-
    kalau waktu itu saya milih FKIP bisa jadi kita satu kelas Pak, UNS pilihan pertama

  15. Tanpa mimpi, kita nggak akan maju ra pak?
    ——–===========————-
    ya hanya seperti angin ke mana arahnya, tak jelas

  16. Ya Rumah sehat afiat juga berawal dari mimpi dan saat ini sudah terwujud, semoga sukses.salam sehat selalu
    —————-==============—————–
    alhamdulillah

  17. 😀

    sekarang mimpi itu sudah tercapai ya mas
    sekarang waktunya membuat mimpi2 baru.
    ———–==============————–
    ada yang tercapai ada yang kandas ada pula yang baru

  18. bermimpilah
    karena tuhan memeluk mimpi-mimpimu..
    sepertinya sama dengan kata motivasi:
    bercita-citalah setinggi langit.
    semoga sukses selalu..

    sedj
    ————-=============———
    ya maka bagaimana langkah selanjutnya untuk meraihnya

  19. Dulu pilihan pertama jadi bidan, pilihan kedua jadi guru🙂

    eh yang jadi malah kuliah di Kebidanan🙂
    Alahamdulillah
    ——————=============—————
    alhamdulillah, sesuai dengan yang diimpikan

  20. huufh… matematika fisika n sejenisnya ya pak… bikin saya mendadak krithinx nie… saya mabok kalu disuruh ngerjain soal2 mapel tsb…😦
    ————–===============———–
    enjoy saja kenapa

  21. Cita2 saya malah ingin jadi insinyur eh malah sekarang kuliah mw kelar di jurusan pend.math, jadilah pilihan ke2 jadi guru math,
    —————============————-
    alhamdulillah, meski pilihan kedua bukan berarti tak layak dibanggakan

  22. dalam mengarungi perjalanan hidup ini saya pun sering kali dihadapkan pada pilihan-pilihan, dan sering kali apa yang saya impikan benar2 terwujud, salah satunya adalah memiliki blog dan berinteraksi dengan para narablog.
    —————-===============———–
    layak bersyukur jika terwujud dan tak perlu menyesal jika tak kesampaian

  23. pernah nggak sadar kadang pilihan kedua atau pilihan yang asal malah terwujud CMIIW , salam kenal kunjungan pertamax saya di sini pak
    ——————-=============————–
    yang penting bukan salah jalan

  24. halo sobat met siang
    salam kenal ya
    terima kasih
    ———–============———-
    salam kenal juga

  25. berkunjung mencari ilmu yang bermanfaat
    terima kasih
    ————–=========————-
    sama-sama

  26. perjalanan hidup Mas Narno bagiku bagaikan sebuah puisi penuh syair yg berwarna dan menciptakan seorang penulis yang pintar biologi.
    membuatku merasa terhormat bisa menjadi salah seorang dr sahabatmu, Mas🙂
    salam
    ————-=================————-
    pokoknya Bunda kalau menyanjung selalu tak kehilangan momentum

  27. setidaknya sudah sangat dekat dengan mimpinya itu meski gak 100 % ya pak?

    Allah tahu apa yang terbaik buat kita, meski itu belum tentu yang paling kita sukai🙂
    ————–==============————-
    ya kewajiban kita berusaha bukan menentukan, maka disitulah makna tawakal

  28. Tapi perjalanan hidup Pak Narno itu sendiri adalah bait syair yang tidak tergantikan bukan Pak?
    ————–===============——-
    sangat jelas tak ada gantinya, karena ini adalah alur hidupku

  29. punya dream book gak pak? biar kelihatan, biar bisa motivasi tiap hari.
    ————-===============—————
    gak pernah kepikiran

  30. Perjuangannya, Pak….😥😥
    —————–=============————–
    kok sedih

  31. tulisan saya tentang cerita anak sekali pernah dimuat di majalah krida loh mas🙂
    saat itu saya masih kelas 2 SMA. suka baca krida sejak SMP. bulik saya yang guru SD suka membawa pulang majalah tersebut.
    ———————-================——————–
    saya bacanya tidak dalam kondisi baru, karena sepupu saya pulangnya dari Blora juga tidak pasti

  32. Pengalaman yang menarik Pak. masih adakah impian impian yang belum terwujud pak?
    —————-==============—————
    bahkan ada yang sudah kandas, sangat sulit untuk diwujudkan

Tinggalkan Balasan

