32 Komentar

Komunitas

Belum lama ini saya mendapatkan email dari gg. Tadinya saya tak begitu hirau. Namun setelah saya klik dan lihat isinya lebih mencengangkan lagi. Disana tertera, saldo anda Rp 0,00. Barulah kemudian saya teringat pernah mendaftarkan diri ke komunitas tersebut namun tidak tahu kalau ada nilai rupiahnya meskipun itu angkal nol.

Tentang komunitas tentu kita tidak terlepas dari hal tersebut. Termasuk kita saling anjangsana antar blog adalah juga salah satu bentuk komunitas.

Saya mencoba menelusuri komunitas apa saja yang pernah saya ikuti sejak usia kanak-kanak. Berawal dari remaja masjid kampung mulai sebagai anggota biasa hingga dicalonkan sebagai ketua umum (meskipun kemudian saya menolak dengan alasan saya akan merantau).

Masuk ke kampus turut serta meramaikan sebuah unit kegiatan yang berbasis keagamaan dan sempat mendapat amanah sebagai kepala bidang pers dan pustaka. Menjelang akhir masa kuliah ikut membidani lahirnya Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia untuk daerah Purwokerto dan mendapat tugas sebagai adnimistrator dan berakhir sebagai pengelola mabok (majalah tembok) yang menggawangi rubrik seni budaya. Ada pula yang bersifat kedaerahan namun saya menolak untuk andil di dalamnya.

Mengenal dunia maya ternyata komunitas itu semakin banyak. Di antara kita pastilah tidak sedikit yang masuk anggota facebook, twitter.

Merekatnya kembali dengan sahabat-sahabat waktu SMA terjembatani dengan adanya blog, dan juga komunitas yang dibuat melalui gmail. Namun sebagian besar saya tidak termasuk aktif, hanya penggembira saja, yang kadang malah lupa.

Sebagai seorang pengajar pun yang dulunya menghindari komunitas yang sifatnya kedaerahan, kini malah ditunjuk sebagai pembina untuk anak-anak dengan latar belakang suku jawa, membentang dari Brebes hingga Blambangan dan juga pulau Madura (tentu ada beberapa daerah yang bukan lagi pengguna bahasa Jawa, termasuk juga pulau Bali). Sebagai guru non Kementrian Pendidikan juga tercatat sebagai anggota Persatuan Guru Madrasah.

Mungkin ini yang masih tetap bertahan, sesuai dengan hobi dan pekerjaan, meskipun tidak juga aktif banget, hanya sesekali diminta untuk sedikit memberikan tambahan wawasan kepada yang lebih muda, yaitu di Forum Lingkar Pena level kabupaten.

Itulah beberapa komunitas yang pernah dan atau masih saya ikuti sampai kini, untuk gg entah apakah akan aktif atau tidak, belum dipikirkan.

32 comments on “Komunitas

  1. yang suka nonton film amrik, nih saya kasih keyword dan link nya 17:21

  2. Selain aktif ngeblog, saya juga twitteran Pak.😉
    —————–============———–
    twitter saya belum ikutan

  3. saya juga bergabung di komunitas KBM…,
    biar pun komunitas kami masih kecil tapi kami di KBM terus bereupaya menjadikan besar…,
    ——————–=================—————-
    komunitas yang memberikan manfaat tentunya

  4. thetekter juga komunitas…,
    komunitas selalu berbagi…..
    ——————-==============————
    berbagi tak pernah rugi

  5. gg tu apa si pak?

    kalo saya ikut komunitas apa ya….😉
    —————-================————
    gg itu komunitas geal geol

  6. Komunitas dunia maya saya cuma WP😀 – Salam
    ———————–===============————–
    saya sudah ikut komunitas apa saja juga banyak yang lupa termasuk gg ini

  7. dengan ikut komunitas, kita bisa berbagi, saat kita berbagi itulah pengetahuan kita bertambah😀
    ————————===============————
    istilahnya berbagi tak pernah merugi

  8. mas narno… dulu ku pernah berbuat salah sama mas narno aku minta maaf yah🙂
    ——————–===============————–
    salah padaku? apa itu? kapan terjadinya?

  9. Menyenangkan sekali andai saya bisa ikut berkomunitas, mungkin memberi manfaat, seperti menambah wawasan dan mempererat tali persahabatan. Tapi sayang, sejauh ini saya belum pernah ikut menjadi anggota komunitas tertentu karena terganjal oleh alasan klise: sibuk. Ya, sibuk menafkahi keluarga, hehe…

  10. pikirkanLah kembaLi pak..

    plissss….

    itu pasti komunitas yang positip,dan sangad berarti😀

  11. komunitas memang asyik, yg positif loh ya…🙂

  12. KBM adalah komunitasku meskipun berbeda komunitas tapi satu bangsa indonesia…..salam

  13. keliatannya asik ya mengikuti komunitas saya belum memiliki komunitas resmi hanya komunitas antar teman😛 hehehehe…

  14. manusia adalah makhluk sosial. ini terbukti dengan tidak dapat terlepasnya kita dari yang namanya komunitas. Selama komunitas itu mengajak kita menuju kebenaran. Ane rasa sah2 saja di ikuti asal jangan komunitas yang gak bener ja yang kita ikuti.

    Tips Blog
    Nasheedfree

  15. Semoga di setiap komunitas yang kita ikuti, mendatangkan manfaat🙂

  16. bergabung komunitas terkadang ada manfaatnya
    semoga sukses kang Narno

    sedj

    http://sedjatee.wordpress.com

  17. walah -walah saya kuper pak Narno ….angka satu .

  18. apapun komunitasnya yang penting kebersamaan

    salam

  19. Saya sedang buat komunitas Blogger Kebumen dan kelas di SMA dulu

  20. Aku ikut komunitas mas Narno saja deh.. Jangankan yang jauh2 yang dekat aja sudah ketemunya..😀
    Salamku buat seluruh team HK.

  21. saya lupa pernah ikut komunitas apa ajah ya 😀 yang terakhir sieh komunitas orang bingung 😀 😀

  22. wuih abang aktif banget ngikut komunitas gituan

    salut deh

  23. yang penting harus cerdas memilih komunitas😀

  24. Ternyata sama seperti Ayah di Blog keluarga. Aktif di beberpa komunitas sejak sekolah dasar menengah. Dari yang namanya IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah) Ketua Humas DKM Masjid di SMA. saat ini di IKAPAMA (Ikatan Keluarga Paguyuban Magetan) Samarinda. Saroha Batak Muslim Balikpapan. dan BBlogger (Balikpapan Blogger). Asyiknya berkomunitas adalah mendapat banyak sahabat dan bisa saling berbagi. Termasuk dengan mas Narno… hehehe… Salam sahabat dari Balikpapan.

  25. saya ikut komunitas blogger semuanyaaaaah🙂

  26. hmm, kayaknya perlu ada komunitas blogger bukittinggi niyh😀

  27. aq boleh ya om jadi sahabat komunitas blognya.. Hehe..

    Waktu kuliah ini juga cuma aktif UKM sm himpunan jurusan di kampus, gak terlibat sama komunitas daerah.. Hihiii..

  28. aku bahagia bisa menjadi sahabat Mas Narno di komunitas blogger.
    terimakasih Mas, sudah mau bersahabat denganku🙂
    slam

  29. Membangun semangat kebersamaan memang tidaklah mudah namun saling meyikapi dengan bijak didalam komunitas akan membuat kenyamanan dalam komunitas tersebut. Hmmm saat ini sedang tidak aktif dan akan diaktifkan kembali.Insya Allah

  30. Saya ikut komunitas blogger warok ponorogo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: