7 Komentar

Distance Learning

Tak terasa saya ternyata telah satu setengah tahun mengalami sistem belajar yang satu ini. Dan peristiwa ini sudah sangat lama, sebelum tahun 2005. Waktu itu belum mengenal istilah distance learning, baru semester kemaren saja saya mengenal nama ini. Gara-garanya saya harus menyiapkan presentasi makalah tentang Divusi dan Inovasi Pembelajaran di depan Dr Sigit dengan tema Distance Learning.

Karena proses pembelajaran yang dimaksud dalam Distance Leaning saya sendiri telah mengalami ditambah lagi kemudahan pustaka yang melimpah di internet, maka presentasi bisa saya lewati dengan mudah.

Ada beberapa hal pokok yang dibahas dalam distance learning ini. Pertama-tama tentu pengertian apa itu distance learning itu. Dibahas pula kelemahan dan keunggulan system pendidikan ini.

Dari segi pengertian bahwa pendidikan yang dimaksud adalah pembelajaran yang berlangsung dalam jarak yang berjauhan. Hal ini sangat cocok dengan Negara kita yang memiliki struktur kepulauan. Antar pulau bisa sama-sama saling belajar dengan bahan yang nyaris sama dalam waktu yang sama atau berbeda, bahkan bisa memilih bahan ajar sendiri. (itu idealnya).

Keunggulannya, apalagi era sekarang yang serba internet distance learning semakin mempersempit jarak komunikasi sesama mahasiswa meskipun beda pulau. Bisa pula komunikasi terputus (via email) yang jelas bisa lebih cepat dan murah bila dibandingkan via pos.

Maka distance learning jaman sekarang berbeda dengan saat saya sebagai pesertanya yang saat itu masih mutlak memerlukan jasa pos dan diktat yang harus dibeli atau memfoto copy dan teman. Bisa dibayangkan harga buku saat itu dengan akses internet saat ini, tentu sekarang lebih praktis dan lebih murah.

7 comments on “Distance Learning

  1. iya pak narno, betapa dengan belajar jarak jauh benar benar kejujuran mencari ilmu dapat tumbuh subur di hati kita. betapa saya begitu terkesan dengan belajar jarak jauh (UT) bebas rasa lelah, stress he he dan sangat murah biayanya. semua tugas, materi dan berkomunikasi dengan dosen serba cepat karena internet.
    ———–=============———
    waktu saya jadi mahasiswa UT internet masih sesuatu yang mahal dan belum menjadi alternatif, satu-satunya andalah masih menggunakan buku kiriman dari pusat, kadang pula kita saling mengcopy punya teman untuk saling melengkapi pustaka

  2. teknolgi memang bikin segalanya jadi lebih mudah , tapi tetep , smua ada dmpak positif dan negatifny ๐Ÿ™‚
    salam kenal . .

  3. pengetahuan dan pergaulan jadi tidak berbatas lagi….sukses…
    ————-==============————-
    ya begitulah

  4. e-Learning saat ini sangat membantu bagi peserta didiknya karena informasi di internet demikian banyak dan simpang siur alih-alih memberi info yang benar tetapi sebaliknya malah membawa pengguna kelokasi yang tidak patut.
    Pentingnya penyelenggara pendidikan memiliki “website sendiri” dan memuat materi ajar didalamnya juga memacu kreatifitas pengajar dalam hal menulis.
    ———=================————–
    leres sanget niku

  5. kalau begitu sama dengan UT (Universitas Terbuka) ya Mas.
    dulu satahuku, belajarnya via TVRI, lama kelamaan bisa via websitenya
    sudah banyak para lulusannya lho Mas ๐Ÿ™‚
    hebat ya, teknologi memang memudahkan….
    salam
    ————============————–
    ya, saya alumni UT Bunda, untuk mendapatkan sertifikat pendidik

  6. kurikulum sekolah sekarang oh kurikulum sekolah sekarang ๐Ÿ˜ฆ

  7. tekhnologi memudahkan proses belajar ya mas.. semangat! ๐Ÿ™‚
    ————=============—————
    kalau kita bisa memanfaatkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: