19 Komentar

Bermula dari persepsi

Terima kasih kepada saudara-saudara. Bapak-bapak, ibu-ibu, mbak-mbak, mas-mas sesama bloger yang telah menggoreskan pemikirannya tentang MSG. Semuanya berpendapat bahwa MSG berbahaya, tidak ada satupun yang mengingkarinya. Hanya saja sebagian besar tidak memberikan ulasan yang memberi penjelasan mengapa demikian. Pada umumnya hanya menyebutkan berbahaya, tapi entah bahayanya apa. Juga kenapa berbahaya tak banyak memberikan penjelasan. Ada pula yang intinya tidak mau menggunakan karena dianggap berbahaya.

Ada dua komentator pendapatnya benar-benar berbeda. Yaitu bapak Aki Eman beliau berpendapat bahwa bahaya MSG ada pada gugus sodiumnya, atau Natriumnya bahkan beliau juga membandingkan bahayanya dengan garam dapur (NaCl). Sebuah pendapat yang betul-betul beda dan menurut saya sangat luar biasa. dan satu lagi yang menyebut dirinya djjars juga sedikit mengungkapkan bahaya sodium akan gangguan hipertensi.

Bisa disimpulkan bahwa yang diketahui secara umum baik yang saya temukan secara online maupun offline bahwa MSG dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya dan harus dihindari. Secara umum pula tidak menjelaskan kenapa harus dihindari dan bahaya apa yang mengancam. Istilahnya pokoknya tidak. Jadinya alasan tidak penting.

Sesuatu yang sudah terbiasa dalam masyarakat, seringkali tak dilihat lagi apakah itu sebuah kebenaran atau hanya karena sudah menjadi bahasa masyarakat, maka diangap saja benar.

Saya disini bukanlah mewakili pihak produsen, saya hanyalah seseorang yang peduli pada ilmu, ingin mencari alasan-alasan yang lebih logis tentang suatu produk makanan.

Apapun itu, saya memberikan apreasiasi kepada sobat semua yang telah bersedia berbagi pengalaman dengan meninggalkan jejaknya disini.

19 comments on “Bermula dari persepsi

  1. senang , akahirnya ada pendapat ahli yg mengatakan memang MSG tidak baik bagi kesehatan
    namun, pada dasarnya aku tdk suka mengkonsumsi MSG, lebih pd efek yg ditimbulkan…
    ( radang tenggorokan, batuk dan tensi yg makin meninggi , secara aku memang mengidap hypertensi)
    salam
    —————================————-
    ya kalau Bunda hipertensi maka bukan hanya MSG yang perlu dihindari, maka garam juga perlu diminimalkan

  2. Mas Narno, kalau istri saya masak sayur misalnya cukup ditambahi gula, alasanya juga dia tidak tahu, pokokya berbahaya. Maklum Mas, bukan ahlinya. Informasi tentang Monosodium Glutamate (MSG) atau vitsin, atau ajinomoto, atau apapun namanya dapat dipelajari di:
    http://xamherbal.com/ancaman-bahaya-msg/ atau
    http://hermanussugianto.wordpress.com/2008/05/05/bahaya-mengancam-lewat-msg/
    Semoga bisa membantu …. seorang yang berpikiran ilmiah harus seperti itu
    ————-===============———
    silahkan dilihat pada postingan berikutnya MSG Berbahayakah?
    sepertinya dua link yang bapak maksudkan juga memperkuat asumsi saya semuanya bermula dari persepsi

  3. Hmmmm silakan aja bagi yang mau mempelajari di mana letak bahayanya MSG. Pokoknya saya sekeluarga enggan memakai MSG. Itu yang terpenting.๐Ÿ™‚

    Saya yakin, hidup tanpa MSG akan menyehatkan jiwa dan raga kami.:mrgreen:

  4. MSG, setau saya mengandung zat adiktif ya? kalo nggak salah sih… bikin ketagihan. MSG kan buatan, jadi kalo menurut saya yang buatan itu nggak baik kalo dikonsumsi terlalu banyak…. (cuma pendapat)
    —————–===============————-
    yang buatan belum tentu nggak baik, yang alami belum tentu baik

  5. Pembahasan yang menarik.

    izin nyimak
    —-===———–
    silahkan pak

  6. walaupun pendapat ahlinya belum ketemu.. tapi menurutku setiap kita bisa merasakan efek dari segala sesuatu yang kita telan.

    misalnya, aku setiapkali konsumsi makanan ber-msg maka akan mulai migren, selalu kehausan.. dan lemes seharian.

    jadi alasan itu sudah cukup bagiku untuk mengurangi msg. tanpa harus menunggu pendapat ahli๐Ÿ˜€

    *begitu juga dgn zat lain, jika dirasakan itu tidak baik bagi tubuh maka harus dikurangi.. spt konsumsi gula dan garam.
    ————-===============————-
    efek yang spesifik pada seseorang karena mengkonsumsi sesuatu menurut saya itu adalah alergi, tiap orang akan berbeda-beda.

    • setuju bun,
      memang masih ada silang pendapat ya..
      sebelum ada ketentuan kalau bisa dihindari aja..
      ———-================————–
      sudah ada simposium berkali-kali membahas tentang kandungan glutamat baik secara alami maupun produk pabrik, namun tingkat publikasinya masih belum memasyarakat

  7. Karena saya tidak punya cukup pengetahuan tentang itu, maka saya ikut saja pendapat para ahli yang mengatakan bahwa MSG it berbahaya…๐Ÿ™‚

    Jika ada kenginan untuk mencari tahu lebih lanjut, bagus banget it.u..๐Ÿ™‚ mantap Mas Narno…
    ————–=============——————
    rumor yang paling banyak adalah adalah sindrom restoran china, namun setelah diverifikasi ternyata masih ada kata-kata yang lain: saya tidak tahu apakah pusing karena makanan yang mengandung MSG atau karena habis minum arak

  8. menghilangkan rasa asli dari suatu makanan mas…
    jadi kalau ikan guramee diberi msg, makannya bukan ikan guramee tapi msgeee
    ———==============—————-
    lho kok begitu?

  9. belum ngeh… MSG apa yak….? belum parnah tauh nih!!! hihihihihih๐Ÿ˜€
    ————–============————
    belum tahu namanya tapi sering mengkonsumsinya, itu tu bumbu masakan yang bikin sedap

  10. hmm, mungkin kalo kata aku MSG berbahaya kalo kebanyakan.
    kalo industri makanan kecil pasti membutuhkan MSG sbg pegawet
    oh ya mas.
    ada hadiah lhooo silahkan diambil..๐Ÿ˜€
    http://sriiwijayanti.wordpress.com/2012/01/19/award-pertama-di-wp-d/๐Ÿ˜€
    ————-=============——————–
    MSG bukan pengawet tapi penyedap

  11. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…

  12. nice๐Ÿ™‚
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  13. hmm, dan pada kenyataannya MSG itu sedikit sulit dihindari..๐Ÿ˜
    ————-==========—————–
    kuliner kita sudah akarb dengan MSG, dan kita bukan pengkonsumsi tertinggi kok

  14. maka oleh karenanyalah.. selalu berfikir positif akan segala hal tentu sangat penting๐Ÿ™‚
    ———==========—————
    betul itu

  15. Saya sendiri tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang MSG ini.๐Ÿ™‚
    ————============———————
    saya juga tahunya sedikit saat seminar di IPB dengan nara sumber seorang doktor ahli pangan

  16. Penjelasan membutuhkan pengetahuan Mas Narno..Kemarin saya juga cuma bilang berbahaya karena gak punya pengetahuan mengapa disebut berbahaya hehehe..Pokoknya orang menulis berbahaya, maka berbahaya pula lah bagi kita..

    Hm, jadi kepikiran, betapa selama ini kita membiarkan diri begitu saja dikendalikan oleh informasi ya..Tanpa menyadari kita mengikuti saja apa yang kita baca..

    Terima kasih Mas..Semoga kita semakin kritis..:)
    ———–============————
    untuk postingan sebelumnya memang sengaja saya tidak memberikan tanggapan apa-apa, dengan harapan apa yang dikemukakan adalah benar-benar persepsinya yang tanpa dipengaruhi oleh tanggapan saya terhadap pendapat yang lain. Mohon maaf saya memang butuh info awal seperti apa sebenarnya kondisi di masyarakat, meskipun sekilas sudah saya ulas di rasa kelima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: