10 Komentar

Tai kotok bikin telat

Mohon maaf sobat kalau judulnya bikin bingung. Jika ada yang mencoba menanyakan maksudnya ke empunya cigugur pasti dapat jawaban yang tepat. Tapi, tidak usahlah kesana tak enak kalau urusan beginian saja kok merepotkan beliau. Apalagi hanya dua kata saja, bisa-bisa malah dapat hadiah goresan pensil.

Kemaren sebagaimana biasanya pagi-pagi berangkat kerja sekalian saja menemani si kecil menunggu mobil jemputan di tepi jalan raya. Seringnya sih mobil jemputan dating setelah jam 6.00 sebelum 06.30. Waktu yang pas bagiku tidak terlalu pagi juga tidak kesiangan sampai di pesantren yang masuknya jam 06.45. Cukup perjalanan 5 menit plus macet mau nyebrangnya maksimal menjadi 10 menit, masih ada sisa waktu 5 menit untuk persiapan ke kelas.

Ternyata, ini kisah tai kotoknya.

Biasanya si kecil dari rumah sudang nangkring di motor bareng ayahnya ke jalan raya. Tapi kali ini dianya buru-buru padahal sudah dipesan tunggu sebentar ayah beresi si notbook dulu, baru berangkat bareng. E, namanya juga anak-anak pinginnya duluan, ya akhirnya jalan kaki. Setelah kususul memang sudah duduk di tepi jalan raya. Segera kuparkir motor.

Tidak tahu bagaimana awalnya tiba-tiba si kecil nyeletuk “motor ayah kena tai kotok tuh.” Tadinya kukira anakku hanya bercanda saja, agak malas sebenarnya untuk melihat ternyata beneran di plat nomor ada kuning-kuningnya. Barulah saya curiga, tak mungkin kotoran ayam nyangkut di plat nomor kalau tidak ada yang menaruhnya.

“Emang adik tadi nginjak tai kotok?” selidik saya kemudian.

“Iya, Yah. Nih lihat sepatu dedek!”

Maunya sih nyuruh si adik duduk sebentar, kemudian sepatunya saya bersihkan gitu, tapi ternyata kaos kakinya kena juga. Tak ada jalan lain, segera adik saya ajak pulang lagi untuk ganti kaos kaki.

Di rumah tak lah begitu sederhana, cukup ganti kaos kaki saja, tidak. Istri yang belum berangkat, ikut sibuk membersihkan sepatu si adik. Saya mencarikan kaos keki sekaligus segera memakaikan kembali kaos kaki.

Kembali ke jalan raya ternyata sudah jam 06.30 dan tidak ada tanda-tanda mobil jemputan artinya harus menunggu kembali mobil itu setelah menjemput dua orang lagi agar lewat. Untuk memastikan dugaan itu segera saya kontak pak sopir, ternyata benar mobil sudah lewat dan saya harus menyeberangkan si adek plus menunggu mobil datang yang langsung ke arah sekolah adik.

06.45 mobil baru nyampai, artinya telat bagiku. Bagi adik tak masalah karena memang sudah sesuai jadwalnya, bahkan perjalanannya dipersingkat karena tak usah ikut menjemput dua orang temannya.

Sampai di pesantren meskipun sudah ngebut, apa daya si hitam memang sudah tua keluaran tahun 2001, tak bisa mengejar 07.45. jadilah telat meskipun 5 menit tapi sudah membuatku banyak keluar keringat. Baru kali ini punya pengalaman terlambat karena kotoran ayam.

10 comments on “Tai kotok bikin telat

  1. hikssssssssssss…………….
    ———-===========——-
    kok sedih?????

  2. Salam
    Menit-menitnya benar-benar diperhitungkan ya mas. Semoga besok-besoknya si adek jadi makin hati-hati terhadap tai kotok ya.🙂
    ——–==============——
    ya terima kasih

  3. Untuk orang lain (termasuk saya), 5 menit belum termasuk terlambat karena di belakang saya masih ada yg lebih terlambat lagi😀
    ———-==============——–
    memang sih Pak Mars, di belakang saya masih banyak, hanya saja karena saya sudah biasa dan posisi saya juga sehingga sedikit terlambat ga enak rasanya

  4. hehhee.. besok hati-hati ya dek..
    klo keinjek tai kotok lagi, laporin pakde Vyan ajah..😛
    ————===========———
    ya nanti biar lapor saja ke Cigugur Pakde Vyan

  5. dapat kosa kata baru nih *kotok*
    ——=============——–
    saya juga dapatnya dari anak, istilah dari bahasa sunda

  6. Terkadang kalau sedang gugup2nya ndilalah ada saja rintangan ya, Pak.😆

    Salam untuk si hitam ya, pak.😀
    ———-============———
    si hitamnya meski tua tapi masih mantap, teman setia dalam bekerja

  7. Menyusahkan sangat tai kotok itu Pak..Sembarangan saja nempel pada orang…
    ————===============———-
    kalau saya sih super hati-hati, tapi ini yang kena anak, yang kadang tak sampai memperhatikan hal-hal seperti itu

  8. Kaget ada yang manggil-dari “bupati Paleben” dari sini… eh ternyata ada yang terlambat ke sekolah gara-gara kotoran ayam pengen ikut…😀
    (bawa kesini ayam yang nakalnya biar dibikin ayam panggang)😀
    ——————-============————
    sayangnya ayam milik tetangga, saya sendiri gak berani pelihara ayam, rumah saja masih jadi kontraktor

  9. rasanya malu kalo terlambat krn tidak biasa terlambat pak narno
    ———-============———
    kalau pagi biasanya saya sudah datang sebelum bel, telat sedikit memang rasanya beda banget

  10. karena kasih sayang seorang Ayah mampu mengalahkan apapun demi kepentingan buah hati….
    apalagi hanya sekedar tai kotok, bukan begitu Mas Narno ?

    sekali2 keringat banyak keluar , tidak mengapa ……………..
    keringat itu pasti harum jadinya krn terrbit dr hati yang penuh kasih sayang……….
    salam
    ———-=========—————
    terima kasih atas tanggapan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: