6 Komentar

Selamat tinggal kurtilas

Meskipun agak telat kuposting, ini adalah peristiwa sehari yang lalu. Kurikulum 2013 secara jujur kuakui sangat merepotkan bagi pihak sekolah. Apalagi di sekolah pada posisi kurikulum. Jungkir balik kesana kemari mensingkronkan berbagai informasi agar dapat dilaksanakan di sekolah.

Bagiku tentu tak cukup hanya menyerap dari berbagai sumber. Peraturan menteri yang baru satu tahun sudah direvisi. Pelatihan-pelatihan pun sampai kami lakukan tanpa menunggu instansi yang menaungi kami. Hasilnya tetap saja membuat guru kurang bisa melaksanakan.

Hasil perenungan yang dari berbagai sumber itupun telah saya coba untuk lebih disederhakan. Disosialisasikan kepada rekan-rekan guru. Tetap saja masih banyak menyisakan masalah di sana sini. Betapa tidak, untuk menulis raport saja hanya dalam jangka waktu satu bulan telah menerima dua format yang berbeda dan sampai saat inipun guru-guru belum tahu seperti apa raport itu wujudnya. Saya hanya bisa merancang sebuah raport sementara yang lagi-lagi saya sederhakan tak sama persis dengan pedoman yang diterima. Mohon maaf bapak-bapak di kementrian, ini murni inisiatif saya untuk meringankan beban teman-teman satu almamater.

Alhamdulillah, hari kemaren sabtu 6 desember 2014 telah tersiar kabar dan diberitakan di televisi bahwa kurikulum yang telah bikin jungkir baik itu dinyatakan dicabut oleh sang mentri pemerintahan berikutnya.
Selanjutnya, bukan berarti apa yang selama ini saya dapatkan dan saya lakukan berkaitan dengan kurtilas ini menjadi sia-sia. Tentulah ada manfaat yang bisa diambil setidaknya ini sebagai sebuah pengalaman yang sangat berharga

6 comments on “Selamat tinggal kurtilas

  1. pulau tidung

    Selamat tinggal kurtilas | kampungmanisku

  2. dihentikannya kurtilas disambut dg suta cita oleh para guru guru yang sudah dibuat pusing, pun dg para siswanya

    smoga saja kurikulum pendidikan diindonesia menemukan cirina sendiri sesuai dg pendidikan diindonesia, kasian siswa siswanya makin berat bebannya..

  3. sosialisasi dan penerapannya gak ada waktu, jadi terkesan amburadul dan membingungkan anak didik, orang tua dan guru.

  4. Kurtilas kini ‘gur (hanya) tilas’ ya Pak. bersiap dengan kendaraan kurikulum baru lagi….

  5. bersiap menyambut kurlilas di 2015🙂

  6. Emang kurikulum 2013 begitu susah ya Mas, sampai harus ditarik dari peredaran?
    —————–==================—————-
    susah diintrumennya, kalau muatannya sangat bagus. tuntutan ke guru kalau menurut saya terlalu berat, sosialisasi belum juga diterima harus sudah dimulai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: