1 Komentar

Bersama Calon Calon Guru

Sore dengan sedikit gerimis. Menunggu giliran masuk kelas, karena jadwalnya jam kedua. Sengaja kupilih jam kedua, yang bakda asar agar lebih leluasa mengatur waktu peralihan dari tingkat menengah ke tingkat calon guru. Peralihan suasana juga bisa menyempatkan rebah barang sejenak membuang penat, meski tak harus lelap. Sempat bercengkerama meski sekejap dengan anak dan ibunya tentu saja.

Desember memang bulannya hujan turun. Yang tadinya gerimis, kini sudah masuk kelas hujan pun menderas. Terdengar riuh di seberang kelas. Maklum GOR nya beratapkan seng.

Sore ini, menunggui para calon guru tampil ke depan kelas berlatih bagaimana jika menjadi guru. Beberapa pertemuan sengaja hanya menunggui mereka tampil seolah sebagai guru (kerennya sedang micro teaching). Memang sedang belajar menjadi guru.

Ada saja kejadian-kejadian lucu setiap pertemuan. Setiap praktikan menampilkan keunikan tersendiri. Suasana kelas terasa hidup. Teman-temannya yang berperan sebagai siswa antusias mengikuti praktek.

Tentang mata pelajaran apa yang diperankan sengaja saya bebaskan. Biarkan mengeksplor sendiri, tinggal diperkaya dengan evaluasi dan diskusi. Ada yang membahas IPA, ada pula Bahasa Arab, Pengetahuan Agama.

Iklan

One comment on “Bersama Calon Calon Guru

  1. Kebahagiaan tersendiri mendampingi calon-calon guru ini nggih Pak, seraya menitip didik generasi mendatang. Sepakat Pak, materi yang dibawakan menjadi sampiran dari utamanya menjernihkan kecintaan mengajar.
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: