1 Komentar

Tidak Formal

Pekan ini pembelajaran bersama calon guru telah dimulai. Bagianku ada 2 di semester VII harus membimbing mereka bagaimana siap kalau ditempatkan sebagai tenaga non guru atau sebagai guru dengan tugas tambahan sebagai pustakawan. Tentu yang dipelajari hanyalah dasar-dasarnya saja, masih jauh bila dibandingkan dengan mereka yang memang mengkhususkan bidang pustaka. Maklum di MPI (Manajemen Pendidikan Islam), ilmu perpustakaan hanya satu mata kuliah saja sebagai bekal minimal agar mahasiswa tidak buta amat tentang ilmu perpustakaan.

Satu lagi semester lima. Kalau yang ini lebih banyak menggabungkan antara teori dengan pengalaman selama beberapa tahun menjadi tenaga pendidik. Alhamdulillah, banyak hal yang bisa dikembangkan menjadi diskusi.

Tak jarang kondisi di kelas mirip seperti obrolan biasa.  Nyaris tanpa sekat. Apalagi kalau yang level MTs. Tidak pernah saya mengharuskan anak-anak duduk manis di kursinya masing-masing. Duduk menggerombol mengelili white board pun tak mengapa. Masing-masing berbicara juga boleh asal terarah. Tidak keluar dari konteks. Tidak perlu saya menyiapkan waktu khusus untuk Tanya jawab. Bahkan saat berbicara ada yang memotong oke-oke saja. Jika tidak nyambung bagaimana? Teman-temannya lah yang akan mengingatkan.

Bedanya kalau calon guru tetap di kursi masing-masing. Mungkin ini karena perbedaan usia. Tentang hilangnya sekat formalitas sama.

Pernah saya tanyakan ke beberapa anak, kenapa kalian suka belajar seperti ngobrol, seolah tidak sedang belajar. Tanggapan mereka, justru dengan cara seperti itulah lebih mudah dipahami. Rileks, tidak takut berpendapat, tidak malu ditertawakan teman, apalagi tak mungkin gurunya marah.

One comment on “Tidak Formal

  1. Metode pembelajaran yang berpusat kepada perkembangan siswa ya Pak. senangnya melihat peserta didik menikmati pembelajaran. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: