12 Komentar

Aneka Ragam Bambu

Bambu merupakan jenis tanaman yang mudah ditemukan di sekitar pemukiman, terutama di perkampungan. Meskipun sampai saat ini belum banyak dikenal cara menanamnya, namun perkembangannya cukup bagus. Tanaman bambu mudah tumbuh dengan membentuk tunas, biasanya banyak berrmunculan di musim penghujan.

Spesies (jenis) tanaman bambu sangat beraneka ragam bahkan lebih dari 1.000 spesies. Hampir semua spesies ada di negara kita. Keanekaragaman tersebut sekaligus juga berkaitan dengan pemanfaatannya oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ada keperluan untuk sumber pangan, ada yang dimanfaatkan untuk kebutuhan papan, apa pula yang menggunakan sebagai bahan estetika (musik, tanaman hias) dan juga ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan untuk konservasi lahan.

Satu jenis bambu tidak mutlak hanya digunakan untuk satu keperluan bagi manusia.

Bambu petung, ukurannya yang besar tentu akan menghasilkan rebung yang besar pula. Rebungnya banyak digemari karena teksturnya yang lembut dan enak dikonsumsi. Bambu ini bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan dinding rumah ataupun tiang-tiang penyangga.

Bambu wulung yang memiliki warna biru kehitaman, warnanya ini sangat menarik untuk dijadikan kerajinan sebagai kursi, meja ataupun anyaman hiasan dinding dengan dibentuk pola tertentu. Rebungnya juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Bambu ampel mempunyai kulit berwarna hijau mengkilat dan jika disimpan dalam waktu lama warnanya perlahan-lahan berubah menjadi kekuningan.  Bambu ini dapat digunakan untuk penahan erosi dengan cara membuat patok-patok yang ditancapkan pada saluran air. Bambu ampel lebih awet karena tidak akan cepat mengering bahkan sangat memungkinkan akan tumbuh daun, sehingga menjadi tanaman baru yang semakin kuat menahan terjadinya erosi. Secara tradisional telah banyak dimanfaatkan di pedesaan. Masyarakat jawa tengah banyak pula yang memanfaatkan rebungnya sebagai sayuran.

Bambu tali atau sering disebut bambu apus merupakan jenis bambu yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Kegunaannya yang paling dikenal adalah digunakan sebagai tali, sehingga tidak aneh jika dinamakan juga bambu tali. Sifat seratnya yang agak lentur mudah dibentuk namun kuat itulah maka sering digunakan sebagai bahan pembuatan tali. Secara tradisional tali yang digunakan untuk keperluan rumah tangga banyak menggunakan bamu tali. Berbagai jenis makanan tradisional pun banyak yang talinya menggunakan bambu apus. Jenis bambu apus juga banyak digunakan untuk anyaman berbagai keperluan seperti kipas, berbagai perabotan dapur untuk menampi beras, menyimpan beras, mengukus nasi dan berbagai keperluan lainnya. Namun bambu tali rebungnya tidak enak untuk dikonsumsi. Pada jaman perang kemerdekaan jenis bambu tali juga digunakan sebagai senjata yang dikenal dengan nama bambu runcing. Banyak juga digunakan untuk rangka atap rumah.

Bambu kuning, sebagaimana namanya memiliki kulit berwarna kuning. Secara luas pemanfaatannya untuk tanaman hias. Mudah tumbuh dan mudah pula untuk dikembangbiakkan dengan cara stek. Dikabarkan bahwa jenis bambu kuning banyak dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan sebagai pencegah infeksi dan untuk pengobatan hepatitis.

Bambu tulup mirip dengan bambu tali, hanya saja ukurannya kecil-kecil dengan jarak antar ruas yang lumayan panjang. Banyak dimanfaatkan sebagai senjata tulup. Bisa sebagai senjata tradisional atau jenis mainan tradisional. Juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan seruling dan terompet.

Bambu duri ditandai dengan adanya duri pada ruas-ruasnya atau pada tangkai ruasnya. Jenis bambu duri atau disebut juga bambu ori rebungnya dimanfaatkan untuk sayuran.

Berbagai jenis bambu memiliki sistem perakaran serabut. Umumnya hidup mengelompok dalam rumpun, sehingga akar antar pohon bisa saling berimpitan. Akar yang demikian sangat bagus untuk menahan laju tanah longsor. Maka tanaman bambu sangat bagus digunakan sebagai penahan erosi, baik karena sistem perakarannya atau dengan sengaja digunakan untuk membuat tanggul-tanggul di sepanjang aliran sungai.

12 comments on “Aneka Ragam Bambu

  1. Over 1000 different kinds of bamboo? Wow! I looked up the wulung bamboo. It’s beautiful!

  2. ini mas, nambahin nama ilmiahnya 😛 ….. bambu petung (Dendrocalamus asper); bambu wulung (Gigantochloa atroviolacea); bambu tali (Gigantochloa hasskarliana); bambu kuning (Bambusa vulgaris); bambu duri (Bambusa blumeana)

  3. banyaknya kekayaan alam/plasma nutfah yang ada di Indonesia ya pak..
    MasyaAlloh

  4. I had no idea there were so many kinds of bamboo – where are you?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

DoRee MelNic

Grief Out Loud. Art. And Life.

MYSELF

AS HUMILDES OPINIÕES DE UMA MULHER DE CORAGEM QUE DIZ SIM À VIDA!

Voices from the Margins

A welcoming space for resistance to the forces of oppression and hegemony.

Take It Upon Yourself

Wholly Vibrant Living: Mind, Body, Spirit, and Soul

Wolff Poetry Literary Magazine

A Poet's Place | Wolff Poetry Literary Magazine is Publishing Poetry Submitted by Published & Emerging Writers,

Blog Site of Gabriele R.

Post, news, diary... All the world around me, ALL THE WORDS AROUND YOU

Katherine's Blog

In Kate's World

Trial By Fire - Survival Through Faith

Passion Inspires, So Set Your Words On Fire! ©Tamara Yancosky - BBYCGN (All Rights Reserved)

Istiqomah, bersabar, dan bersyukurlah selalu... Karena Allah selalu ada bersamamu...

Tersenyumlah,, Allah mencintaimu lebih dari yang kau perlu (Tasaro GK)

%d blogger menyukai ini: