Tinggalkan komentar

Modernisasi Tantangan dan Peluang

Modernisasi merupakan tantangan sekaligus peluang untuk survive. Sarana pra sarana yang semakin memudahkan dalam menjalankan suatu program, namun juga memungkinkan terjadinya persaingan dalam sisi-sisi tertentu kehidupan. Mekanisme seleksi alam telah mengukuhkan istilah survival of the fittes (keberlangsungan hidup makhluk yang paling fit). Keberlangsungan suatu lembaga, suatu organisasi akan teruji sepanjang waktu. Kemampuan para pengelola dalam memanfaatkan peluang dan melandaikan tantangan menjadi daya dukung adalah suatu kisah sukses untuk mmpertahankan keberlangsungannya.

Modernisasi tidak bisa dilawan ataupun dihadang sepenuhnya. Menghadang ataupun melawan hanya akan menimbulkan kegagapan, gagap teknologi, ketinggalan banyak hal, stagnan yang akhirnya justru kandas, tidak bisa bertahan lebih lama. Hanya tinggal sejarah, atau bahkan orang akan begitu mudah melupakannya.

Globalisasi akan sangat berpengaruh pada perubahan budaya baik pada suatu bangsa ataupun organisasi. Di antaranya adalah organisasi pendidikan, yang di dalamnya ada pondok pesantren sebagai salah satu alternatif pendidikan yang sudah lama mengakar di bangsa kita. Pondok pesantren dengan segala keunikannya masing-masing yang memberikan corak tertentu bagi pendidikan bangsa, sangat kuat memberikan pondasi moral bagi generasi muda bangsa. Tiap pesantren memberikan inovasinya sendiri-sendiri dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Masing-masing pesantren menyerap modernisasi disesuaikan dengan kebutuhan, bukan terbuai oleh keadaan modernisasi yang kebablasan.  Melalui inovasi kurikulum, ada yang memfokuskan pada pembelajaran keislaman, dengan penguatan sisi Bahasa arab dan penguasaan ilmu-ilmu keagamaan lainnya. Ada yang menguatkan penguasaan bidang sainsnya. Semua itu tetap tidak meninggalkan ciri khas klasiknya sebagai pesantren, sebagai lembaga yang penting dalam membangun karakter bangsa.  

Pengabdian pada masyarakat yang di ponpes Husnul Khotimah dinamakan Praktek Dakwah dan Pengenalan Masyarakat (PDPM) adalah contoh riil, bagaimana sistem pendidikan pesantren mampu mengadaptasikan perkembangan jaman. Santri kelas 12 ditugaskan untuk mengenal dan mengabdi di masyarakat dalam waktu yang tidak begitu lama. Riil di masyarakat yang belum pernah tahu akan kiprah santri PDPM, tentu akan ragu menilai kemampuan santri. Biasanya yang hadir dalam bentu pengabdian masyarakat adalah para mahasiswa, kali ini justru anak-anak usia SMA.

Ketika membandingkan realita secara umum di masyarakat anak-anak usia SMA, bekal apa yang bisa digunakan dalam pengabdian ke masyarakat. Tidak sedikit yang bertanya-tanya.

Setelah aktifitas pengabdian dengan berbagai inovasi kegiatan yang dilakukan santri, maka pelan-pelan rasa sangsi itu berubah menjadi rasa kagum dan bangga. Inilah gambaran riil di masyarakat ketika diadakan PDPM XXII Ponpes Husnul Khotimah di Kecamatan Mandirancan dan Cigandamekar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

True Love for Sale

by Peach Berman

trozos de mazapán.

cartas o historias pequeñas de amor tan dulces y desmoronables como un mazapán.

HorseAddict

The world is best viewed through the ears of a horse.

Akhwat Peramu Kata

Meramu, Menulis, lalu dikenang 🌻

DoRee MelNic

Grief Out Loud. Art. And Life.

MYSELF

AS HUMILDES OPINIÕES DE UMA MULHER DE CORAGEM QUE DIZ SIM À VIDA!

Voices from the Margins

A welcoming space for resistance to the forces of oppression and hegemony.

Wholly Integrating the Spiral

Spirit, Mind, Body, and Soul Spiral Paths to Freedom

Wolff Poetry Literary Magazine

A Poet's Place | Wolff Poetry Literary Magazine is Publishing Poetry Submitted by Published & Emerging Writers,

° BLOG ° Gabriele Romano

The flight of tomorrow

Katherine's Blog

In Kate's World

BBYCGN Writing

Creative writing, bizarre stories, original quotes, raw poetry and authentic artwork as a pathway for powerful feelings, emotions, thoughts and experiences.

Istiqomah, bersabar, dan bersyukurlah selalu... Karena Allah selalu ada bersamamu...

Tersenyumlah,, Allah mencintaimu lebih dari yang kau perlu (Tasaro GK)

%d blogger menyukai ini: