Tinggalkan komentar

Sukses yang Sesungguhnya

Kita sudah hafal betul yang dikenal sebagai doa sapu jagad. robbana aatina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqinaa adzabannaar. Siapa yang tidak mau sukses dunia akherat, tentu tidak ada. Sukses sepenuhnya, sukses dunia akherat. Kesuksesan akherat adalah kesuksesan yang hakiki, berbekal kebaikan-kebaikan dan keimaman selama di dunia. Sedangkan kesuksesan dunia sebagaimana teorinya Einsten tentang relativitas, maka kesuksesan dunia juga sangatlah relatif. Dari mana memandangnya, atau mungkin juga siapa yang memandangnya sebagai sebuah kesuksesan. Bisa juga sukses itu karena telah sesuai dengan apa yang telah diprogramkan sebelumnya.

Seorang petani itu sukses jika tanamannya subur dengan panen yang melimpah, harga jual tinggi. Tidak ada gangguan hama lagi. Pelajar disebut sukses jika meraih apa yang diharapkan tentang prestasi akademiknya terutama, sejalan dengan rencana atau program yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Demikian juga pedagang merasa sukses jika dagangannya laris dengan keuntungan yang melimpah. Jadi, tiap hal memiliki kesuksesannya sendiri, yang bisa saling berkaitan, bisa juga menjadi bagiannya masing-masing yang terpisahkan.

Demikian juga santri di ponpes Husnul Khotimah, ada yang menyukseskan program sekolah dengan prestasi akademik atau juga non akademik. Berbagai perlombaan di antaranya MHQ, LKBB, seni, fotografi, film pendek, pramuka; dapat meraih juara baik tingkat local maupun nasional.

Sejalan dengan visi Madrasah Aliyah yaitu terwujudnya lulusan yang berkepribadian dai unggul dalam bidang keagamaan, sains dan sosial. Maka santri harus menjadi generasi Rabbani. Dalam tafsir Tobari dijelaskan zaaiim, layak menjadi pemimpin, aliim memiliki ilmu pengetahuan. Basyirun fittadbir pemahaman tentang manajemen. Basyirun bisyiyasah memiliki pemahaman politik yang baik, kondisi politik yang seperti apa. Qoimun bisyuuniraiyaah bima yasluhu lahum peduli terhadap urusan masyarakat, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sebagaimana sifat muslim nafiun lighairihi.

Untuk meraih sukses di masa mendatang sebagai seorang muslim maka kembali ke surat Al Anfal:60 wa aiddu lahum mastata’tum min quwwah wanin ribaatil khair turhibuna bihi aduwwi wa aduwwakum…

Wa aiddu lahum siapkanlah mereka, berarti kita sedang bersaing dengan yang lainnya. Ketika lahir maka artinya ada tantangan untuk persaingan termasuk dengan non muslim. Mastata’tum apa yang kalian mampui, artinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, apa bisa bukan ma aradtum semau kalian. Min quwwah dari segala potensi yang dimiliki.

Kata Quwwah ini dalam Bahasa Arab itu nakiroh (umum) meskipun dalam tafsir awal itu adalah perang quwwatur romyi (kekuatan lemparan) karena ini nakiroh berarti segala kekuatan harus disiapkan oleh santri. Baik kekuatan aqidahnya sehingga tidak terpengaruh aliran sesat. Apalagi di kampus yang heterogen. Kalau keimanan tidak kuat bisa tergoyahkan. kemudian quwwatul ilmi (kekuatan ilmu) sehingga memiliki semangat terus belajar sebagaimana mencontoh salafus shaleh dan meneladani apa diajarkan para asatidz, meneladani para ulama baik ulama ilmu syari maupun yang kauni. Termasuk juga quwwatul jasad, fisiknya juga harus bugar, santri harus menjaga kesehatannya. Pola hidup sehat harus diamalkan mengikuti contoh  dari Rasulullah. Makan makanan yang bergizi, bagus kalau makan kurma dan madu. kemudian Tidur tidak larut malam dan bangun lebih awal jam 3 sehingga bisa qiyamullail.

Termasuk kekuatan maal atau kekuatan finansial. Sekarang era digital dibutuhkan juga anggaran-anggaran dimana harta juga untuk kemaslahatan dia. Jadi dengan kekuatan aqidah, ruhiyah, ilmiyah dan jasad sehingga bisa menjadi sosok manusia yang kalau tidak dianggap paripurna ya bagaimana bisa mengikuti Rasulullah saw.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

True Love for Sale

by Peach Berman

trozos de mazapán.

cartas o historias pequeñas de amor tan dulces y desmoronables como un mazapán.

HorseAddict

The world is best viewed through the ears of a horse.

Akhwat Peramu Kata

Meramu, Menulis, lalu dikenang 🌻

DoRee MelNic

Grief Out Loud. Art. And Life.

MYSELF

AS HUMILDES OPINIÕES DE UMA MULHER DE CORAGEM QUE DIZ SIM À VIDA!

Voices from the Margins

A welcoming space for resistance to the forces of oppression and hegemony.

Wholly Integrating the Spiral

Spirit, Mind, Body, and Soul Spiral Paths to Freedom

Wolff Poetry Literary Magazine

A Poet's Place | Wolff Poetry Literary Magazine is Publishing Poetry Submitted by Published & Emerging Writers,

° BLOG ° Gabriele Romano

The flight of tomorrow

Katherine's Blog

In Kate's World

BBYCGN Writing

Creative writing, bizarre stories, original quotes, raw poetry and authentic artwork as a pathway for powerful feelings, emotions, thoughts and experiences.

Istiqomah, bersabar, dan bersyukurlah selalu... Karena Allah selalu ada bersamamu...

Tersenyumlah,, Allah mencintaimu lebih dari yang kau perlu (Tasaro GK)

%d blogger menyukai ini: